Monday, July 25, 2011

Wahai Pemuda! - Hasan Al-Bana

Wahai Pemuda!

Sesunguhnya, sebuah pemikiran itu akan berhasil diwujudkan manakala kuat rasa keyakinan kepadanya, ikhlas dalam berjuang di jalannya, semakin bersemangat dalam merealisasikannya, dan kesiapan untuh beramal dan berhorban dalam mewujudkannya. Sepertinya keempat rukun ini, yakni iman, ikhlas, semangat dan amal merupakan karakter yang melekat pada diri pemuda.

Karena sesungguhnya dasar keimanan itu adalah nurani yang menyala, dasar keikhlasan adalah hati yang bertakwa, dasar semangat adalah perasaan yang menggelora, dan dasar amal adalah kemauan yang kuat. Itu semua tidak terdapat kecuali pada diri pemuda. Oleh karena itu, sejak dulu hinga sekarang pemuda merupakan pilar kebangkitan.Dalam setiap kebangkitan, pemuda merupakan rahasia kekuatannya. Dalam setiap fikrah, pemuda adalah panji-panjinya.


Beranjak dari sini, sesungahnya banyak hewajiban-kewajiban kalian, besar tangungjawab kalian, semakin berlipat hak-hak umat yang harus kalian tunaikan dan semakin berat amanat yang terpikul di pundah kalian. kalian harus berpikir panjang, banyak beramal,bijak dalam menentukan sikap, maju untuk menjadi penyelamat, dan hendaklah kalian mampu menunaikan hak-hak umat ini dengan sempurna.

(Hasan Al-Bana)

0 Reactions to this post

Add Comment

    Post a Comment