Monday, September 26, 2011

Pedoman (Cara) Pengukuran Data Antropometri Statis


Pedoman pengukuran data antropometri

Pengukuran Antropometri Statis

    1.1 Posisi : Duduk ; Alat : kursi antrop
1   Tinggi duduk tegak     Ukur jarak vertikal dari permukaan alas duduk sampai ujung atas kepala. Subjek duduk tegak dengan memandang lurus ke depan, dan lutut membentuk sudut siku-siku.  

2   Tinggi duduk normal     Ukur jarak vertikal dari permukaan alas duduk sampai ujung atas kepala Subjek duduk normal dengan memandang lurus ke depan, dan lutut membentuk sudut siku-siku.  

3   Tinggi mata duduk     Ukur jarak vertikal dari permukaan alas duduk sampai ujung mata bagian dalam. Subjek duduk tegak dan memandang lurus ke depan.  

4   Tinggi bahu duduk     Ukur jarak vertikal dari permukaan alas duduk sampai ujung tulang bahu yang menonjol pada saat subjek duduk tegak.  

5   Tinggi siku duduk     Ukur jarak vertikal dari permukaan alas duduk sampai ujung bawah siku kanan. Subjek duduk tegak dengan lengan atas vertikal di sisi badan dan lengan bawah membentuk sudut siku-siku dengan lengan atas.  

6   Tinggi sandaran punggung     Ukur jarak vertikal  dari permukaan alas duduk sampai pucuk belikat bawah. Subjek duduk tegak dan memandang lurus ke depan.  

7   Tinggi pinggang     Ukur jarak vertikal dari permukaan alas duduk sampai pinggang. Subjek duduk tegak dan memandang lurus ke depan.  

8   Tinggi popliteal     Ukur jarak vertikal dari lantai sampai bagian bawah paha. Subjek duduk tegak dan memandang lurus ke depan.  

9  Panjang Pantat ke politeal     Ukur jarak horizontal dari bagian terluar pantat sampai lekukan lutut sebelah dalam (popliteal). Paha dan kaki bagian bawah membentuk sudut siku-siku. Subjek duduk tegak dan memandang lurus ke depan.  

10  Panjang Pantat ke lutut     Ukur jarak horizontal dari bagian terluar pantat sampai ke lutut. Paha dan kaki bagian bawah membentuk sudut siku-siku (No.9 + Tebal lutut).Subjek duduk tegak dan memandang lurus ke  depan.

11   Lebar bahu     Ukur jarak horizontal antara kedua lengan atas. Subjek duduk tegak dengan lengan atas merapat ke badan dan lengan bawah direntangkan ke depan.  

12   Lebar  sandaran  duduk     Ukur jarak horizontal antara kedua tulang belikat. Subjek duduk tegak dengan lengan atas merapat ke badan dan lengan bawah direntangkan ke depan.  

13   Siku ke siku     Ukur jarak horizontal dari bagian terluar siku sisi kiri sampai bagian terluar siku sisi kanan. Subjek duduk tegak dengan lengan atas merapat ke badan dan lengan bawah direntangkan ke depan.  

14   Lebar pinggul     Ukur jarak horizontal  dari bagian terluar pinggul sisi kiri sampai bagian terluar pinggul sisi kanan. Subjek duduk tegak dan memandang lurus ke depan.  

15   Lebar pinggang     Ukur jarak horizontal dari bagian terluar pinggang sisi kiri sampai bagian terluar pinggang sisi kanan. Subjek duduk tegak dan memandang lurus ke depan. 


    1.2 Posisi : Berdiri  
16   Tinggi badan tegak    Ukur Jarak vertikal telapak kaki sampai ujung kepala yang paling atas. Sementara subjek berdiri tegak dengan mata memandang lurus ke depan.  
17   Tinggi mata berdiri    Ukur jarak vertikal dari lantai sampai ujung mata bagian dalam (dekat pangkal hidung). Subjek berdiri tegak dan memandang lurus ke depan.  

18   Tinggi bahu berdiri    Ukur jarak vertikal dari lantai sampai bahu yang menonjol pada saat subjek berdiri tegak.  

19   Tinggi siku berdiri     Ukur jarak vertikal dari lantai ke titik pertemuan antara lengan atas dan lengan bawah (siku). Subjek berdiri tegak dengan kedua tangan tergantung secara normal.  

20   Tinggi pinggang berdiri     Ukur jarak vertikal lantai sampai pinggang pada saat subjek berdiri tegak.  

21   Tinggi lutut berdiri     Ukur jarak vertikal lantai sampai lutut pada saat subjek berdiri tegak.  

22   Berat badan     Menimbang dengan posisi berdiri normal di atas   timbangan.  

23   Jangkauan tangan ke atas    Tangan menjangkau ke  atas setinggi-tingginya. Ukur jarak vertikal lantai sampai ujung jari tengah pada saat subjek berdiri tegak.  

1.3. Posisi : Duduk dan Berdiri Alat : Martin Set
24  Jangkauan tangan ke depan Ukur jarak horizontal dari punggung sampai ujung jari tengah. Subjek berdiri tegak dengan betis, pantat dan punggung merapat ke dinding, tangan direntangkan secara horizontal ke depan.

25  Rentangan tangan  Ukur jarak horizontal dari ujung jari terpanjang tangan kiri  sampai ujung jari terpanjang tangan kanan. Subjek berdiri tegak dan kedua tangan direntangkan horizontal ke samping sejauh mungkin.

26   Panjang lengan bawah     Subjek berdiri tegak, tangan disamping, ukur jarak  dari siku sampai pergelangan tangan.

27   Tebal dada     Subjek berdiri tegak, ukur jarak dari dada (bagian ulu hati) sampai punggung secara horizontal.  

28   Tebal  perut  berdiri     Subjek berdiri tegak, ukur (menyamping) jarak dari perut depan sampai perut belakang secara horizontal.  

29   Panjang jari 1,2,3,4,5*     Diukur dari masing-masing pangkal ruas jari sampai ujung jari. Jari-jari subjek merentang lurus dan sejajar.  

30   Pangkal ke tangan     Diukur dari pangkal pergelangan tangan sampai pangkal ruas jari. Lengan bawah sampai telapak tangan subjek lurus.  

31   Lebar jari 2,3,4,5*     Diukur dari sisi luar jari telunjuk sampai sisi luar jari kelingking. Jari-jari subjek lurus dan merapat satu sama lain.  

32   Lebar telapak tangan     Diukur dari sisi luar ibu jari sampai sisi luar jari kelingking. Posisi jari seperti pada No. 3.  

33   Panjang telapak tangan     Diukur dari ujung jari tengah sampai pangkal pergelangan tangan.  

34   Tebal perut duduk     Subjek duduk tegak, ukur jarak samping dari belakang perut sampai ke depan perut.  

35   Tebal paha     Subjek duduk tegak, ukur jarak dari permukaan alas duduk sampai ke permukaan atas pangkal paha.  

*Keterangan : 1 = Jempol, 2= telunjuk, 3= tengah, 4= manis, 5= kelingking.

0 Reactions to this post

Add Comment

    Post a Comment