Tuesday, March 20, 2012

Apa itu | Definisi Strategi Integrasi - Strategi Korporasi


1.       STRATEGI INTEGRASI (INTEGRATION STRATEGIES)

 

a.  Integrasi ke Depan (Forward Integration)
 Strategi integrasi ke depan adalah strategi yang dijalankan dengan meraih  kendali  atas  jalur  distribusi,  mulai  dari  distributor  hingga retailer.  Wujud  dari  kendali  atas  jalur  distribusi  adalah  mendirikan sendiri  jalur  distribusi,  memperoleh  kepemilikan  atas  jalur  distribusi, atau memperoleh kendali. Semakin meningkatnya jumlah manufaktur, atau  dalam  hal  ini  pemasok  menyebabkan  semakin  meningkatnya penggunaan strategi integrasi ke depan oleh manufaktur. E-commerce, franchise,  factory  outlet  adalah  bentuk  pengembangan  strategi integrasi ke depan yang sedang tren saat ini.

Contoh Strategi integrasi ke depan:
-          Perusahaan  PT.  Kimia  Farma membangun  jaringan  apotiknya sendiri yaitu Apotik Kimia Farma.
-          PT.  Astra  International  menguasai saluran  distribusi  sampai  hilirnya dengan mempunyai outlet Shop and Drive  yang  memberikan  pelayanan service dan menjual suku cadang.

 b. Integrasi ke Belakang (Backward Integration)
 Strategi  integrasi  ke  belakang  digunakan  dengan  memperoleh kepemilikan  atau  meningkatkan  kendali  atas  perusahaan  pemasok. Baik  manufaktur  maupun  retailer  membutuhkan  bahan  baku  dari pemasok. 

Contoh integrasi ke belakang (backward integration) :
-          Kelompok  Kompas  Gramedia memiliki  banyak  anak  perusahaan media termasuk penerbitan.
-          PT.  Gudang  Garam  International memiliki  pabrik  kertas  rokok  di Afrika  selain  juga  memiliki  Pabrik Kertas Rokok di Kediri dengan nama PT Surya Zig Zag.

 c. Integrasi Horizontal (Horizontal Integration)
Strategi  integrasi  horisontal  mengarah  pada  strategi  yang memperoleh  kepemilikan  atau  meningkatkan  kendali  atas perusahaan  pesaing.  Merupakan  strategi  yang  paling  tren digunakan secara signifikan dalam strategi pertumbuhan.

Contoh integrasi horizontal (horizontal integration) :
-          PT  Indofood  Sukses  Makmur  yang pertama  kali  populer  dengan  merk dagang  Indomie  membeli  merk Supermi.
-          PT.  Coca  Cola  Bottling  Indonesia mengakuisisi  air  minum  merk  lokal Ades.


Apa itu | Definisi Strategi Integrasi - Strategi Korporasi


0 Reactions to this post

Add Comment

    Post a Comment