Thursday, August 25, 2011

Profesi Kelompok keahlian Sistem Industri dan Tekno-Ekonomi

•    Kelompok keahlian Sistem Industri dan Tekno-Ekonomi
1.    General Manager
Cakupan kajian kelompok keahlian sistem industri dan tekno-ekonomi merupakan yang terluas dan banyak mengenai pengambilan keputusan. Hal ini merupakan salah satu kompetensi yang paling diperlukan seorang general manager, membuat keputusan yang tepat. Selain itu, kajian dalam kelompok keahlian sistem industri dan tekno-ekonomi juga mengenai pembuatan strategi dalam menghadapi persaingan pasar. General manager merupakan posisi paling strategis dimana ia harus membuat keputusan serta menentukan strategi dalam memajukan perusahaannya.

2.    Purchasing Manager
Beberapa kajian dari kelompok keahlian sistem industri dan tekno-ekonomi adalah pemenuhan kebutuhan perusahaan serta keputusan distribusi. Hal ini merupakan kompetensi dari seorang purchasing manager dimana ia bertugas mengelola pembelian dari kebutuhan-kebutuhan perusahaan. Pembelian tersebut harus dilakukan secara terstruktur dan harus ada strategi pembelian untuk menekan biaya sebesar-besarnya. Dalam hal ini, kelompok keahlian sistem industri dan tekno-ekonomi sangat cocok untuk berperan sebagai purchasing manager.
3.    Wirausaha
Kelompok keahlian sistem industri dan tekno-ekonomi mempelajari secara menyeluruh fondasi-fondasi pembentukan dan pengoperasian suatu perusahaan, mulai dari merancang sistem operasi, meingintegrasikan berbagai komponen dalam sistem, penentu kebijakan, pembuatan keputusan, pembuatan strategi untuk menghadapi persaingan dagang, dsb. Hal tersebut sangat diperlukan oleh seorang wirausahawan untuk memulai dan menjalankan bisnisnya. Dalam hal ini, kelompok keahlian sistem industri dan tekno-ekonomi memenuhi kompetensi dasar untuk menjadi seorang wirausahawan sehingga profesi tersebut cocok untuk kelompok keahlian tersebut.

0 Reactions to this post

Add Comment

    Post a Comment